7 penyebab utama kerusakan UPS di Indonesia

7 penyebab utama kerusakan UPS

Penyebab utama kerusakan UPS adalah dengan terjadinya surge petir. UPS merupakan alat membackup sumber daya dari matinya sumber utamaya itu PLN. Maka di perlukan UPS sebagai alat sumber listrik yang mampu memback up sebelum genset nyala.Namun sering kali UPS sering rusak karena perlakuan pemakai yang tidak bisa membedakan fungsi UPS.

 

ups
7 kerusakan – kerusakan UPS tersebut antara lain :

  1. Tidak adanya grounding sehingga kalau ada gangguan transient akan mengganggu system UPS. Grounding ini sangat di perlukan untuk adanya gangguan arus surge petir yang merupakan gelombang transient yang mengakibatkan kerusakan pada system. Kalau ada grounding akan terjadi pemfilteran arus surge petir.
  2. Kesalahan pemasangan Kesalahan pemasangan biasanya di akibatkan pemasangan yang tidak sesuai desain. Pemasangan ini karena harus sesuai standart seperti phase dan neutral harus sesuai.
  3. Tidak sesuai pengguna. UPS hanya di aplikasikan untuk beban linier seperti komputer, lampu emergenci, serta ruang server, atau mesin atm. Tapi kadang kita pakai untuk mesin foto kopi, kulkas, AC, mesin penghitung uang. Semuanya cepat merusak power inverter.
  4. Tidak ada garansi dari pihak supplier Pelayanan layanan purna jual yang mengakibatkan tidak adanya jaminan spare part
  5. Menggunakan produk battery yang tidak standart international Banyaknya merk battery yang tidak ada standart international.Untuk itu sangat hati – hati dalam pemilihan battery. Salah satuj enis battery yang sudah bagus antara lain : Panasonic, Yuasa, CSB, Ritar, Leoch. Powerkingdom .
  6. Terlalu banyak beban yang di masukan ke UPS.Hal ini terjadi karena tidak adanya seleksi atau installasi yang jelas beban mana yang benar – benar di perlukan untuk UPS.
  7. Kesalahan pemilihan jenis UPS Hal initerjadi khususnya UPS tipe – tipe beban besar seperti rumah sakit, khusus luarpulau jawa, yang di sarankan pakai UPS Isolation transformer.Sedang untuk beban linier cukup menggunakan UPS transformerles

Beberapa hal yang perlu di perhatikan adalah penggunaan sistem pentanahan dan adanya arester sebagai filter atau penyaring tegangan yang tidak stabil dari sistem PLN tersebut. Semua penjualan kami yang diatas 10 KVA kami berikan layanan untuk sistem integrasi dari proteksi petir ini dari sambaran langsung dan sambaran tidak langsung dari PLN. Hal ini bisa di pelajari dalam sistem anti petir.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelanggan kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan kepada kami apapun!
Hai, apa yang bisa saya bantu?
Scroll to Top